Sabtu, 14 Desember 2013

MEMO MEMORY 10 TAHUN SENI MURNI

10 Tahun sudah perjalanan Seni Rupa Murni ISI Surakarta lalui. Suka cita bersama dalam Himpunan Mahasiswa, Alumni dan Staff yang berada di dalamnya. Sebagai alumni saya merasakan terhanyut kembali dalam masa kuliah. Berkumpul dalam segala suasana yang guyub rukun, walaupun pada masa itu hanya ada beberapa gelintir mahasiswa....Maklum, di Seni Murni masih sepi peminatnya ditambah para gadis yang sangat minim. Namun tetap dinikmati saja hahahaha.....padahal dalam hati merasa kekeringan wanita. Tahun 2006 awal, di mana Prodi (sekarang Jurusan) diungsikan ke Kampus Kepatihan. Sepi, sunyi suasananya, tembok warna hijau telur asin kusam menghiasinya. Sungguh sangat merasa dikucilkan saat itu, di jauhkan dari semua jurusan seni rupa lainnya. Akan tetapi tekad kembali menyemangati untuk menghidupkan suasana kampus yang berada di tengah-tengah perkampungan kota. Kebetulan saat itu saya ditunjuk sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi Seni Murni. Sedikit berat nih tugas, seperti membabat alas hening. Untuk langkah awal menandai adanya kehidupan kampus murni, beberapa usulan teman akhirnya terselenggara Pameran Seni Rupa Murni Lorong 1 dan Kebangkitan Pemuda Murni di tahun 2007. Diwaktu yang bersamaan camp kami dikampus seni murni tersapu angin puting beliung dan hujan, sehingga beberapa dokumen berceceran rusak dan sebagian hilang.

Doc. Karya Instalasi Sonny H: Instropeksi, Variable, 2007

Doc. Karya Instalasi Musis Devida: Diliburkan, Variable, 2007

Doc. Karya Instalasi Agung Nugroho: Hampa, Variable, 2007

Doc. Karya Instalasi Bonardiat "Otong": Candi Kakus, variable, 2007

Doc. Karya Instalasi Aan Sasmitra: Sisa Membara, variable, 2007

  
Kedukaan ini tidak mematahkan semangat untuk melanjutkan acara pameran yang telah disusun. Bahkan dari sisa-sisa bencana kami respon untuk dijadikan momen yang berharga. Acara ini diisi acara kecil-kecilan yang sederhana namun kekeluargaannya kental. Sharing karya bersama (Bedah Karya), Bermain Musik Klotekan, Bermain Bola, Buka Bersama disaat menjelang ramadhan, Pemutaran Film, dan Kolaborasi Karya. Diakhir acara sempat pula mengadakan syukuran kecil-kecilan atas berjalannya acara ini. Acara ini kemudian berjalan kembali di tahun 2008 dengan tajuk yang sama lorong 2. Semakin ramai apresiasi dari luar kampus dan ada geliat didalam keberadaan kampus seni murni sendiri.

Doc. Acara Syukuran Murni Nduwe Gawe dengan beberapa kawan seni murni dan dosen SRM ISI Surakarta 2008

Doc. Syukuran makan bareng-bareng yuks....wah iki Tri Wahyudi tanduk neh nde...2008

Doc. Pameran Lorong 2 di Kepatihan 2008

Acara Lorong 2 di Kepatihan 2008

Kenangan ini membuka semangat kembali akan sebuah perjuangan kita, perlawanan kita dan suri tauladan kita yang diberikan untuk sumbangsih negeri ini. Perjalanan demi perjalanan yang menyisakan suka dan duka bagai daun tua yang jatuh ketanah, lalu tumbuhlah tunas hijau yang baru. Semoga perjuangan dan rasa kesadaran kekeluargaan yang terjalin ini masih tetap terabadikan pada adik-adik penerus Seni Rupa Murni. Saya sebagai alumni hanya berpesan "Opo yah...???, wis sakarepmu adek-adekku yang penting tetap happy tetap dijaga semangatnya OTRE...

1 komentar:

Ronyjeruk jr mengatakan...

auwaaaaaaaaah