Rabu, 08 Februari 2012

Abstrak Geometrik

DUA SISI

100x80 cm, acrilyc on canvas, 2009
     Dua sisi sebagai bahasa dimana sisi yang di visualkan dengan warna hitam dan putih sebagai sisi jiwa. Putih dibahasakan jiwa yang bersih atau baik, begitupun sebaliknya Hitam dibahasakan sebagai jiwa yang kotor atau buruk. Namun dua sifat ini ada tumbuh didalam jiwa seseorang, walaupun salah satunya sering tidak di tampakan dalam  bersikap dan berbuat di kehidupan besosialisasi.
     Salah satu sisi yang banyak kandungan warna membahasakan raga, keadaan luar kita yang dalam dunia kontemporer disebut dunia penuh warna (multicultural). raga disini mengambil sifat luar keberadaan manusia terhadap lingkungannya.
     Penggambaran diatas sebagai satu kesatuan dimana fenomena ini terjadi dikehidupan manusia yang dijalani, mengenal jiwa dan raganya. Hal ini hampir serupa dengan filsafat konsep Tao mengenai dua unsur Yin dan Yang yang saling mengisi dan terikat. Begitu juga dengan karya seni lukis dua sisi yang diciptakan sebagai mediasi dalam memahami keterikatan antara jiwa dan raga. Jiwa seseorang seperti apapun selalu menerima keadaan raganya. 



Tidak ada komentar: