Rabu, 08 Februari 2012

Thank's About IMAGINE


IMAGINE, 150x100 cm, acrilyk on canvas, 2011

    John Winston Lennon lahir pada tanggal, 9 Oktober 1940 di Liverpool. Lahir dari pasangan Julia Stanley dan Alfred Lennon. John Lennon memulai karirnya tahun 1957. Quarrymen adalah band pertamanya dengan style skiffle (band dengan menggunakan alat-alat rumah tangga, yang saat itu sedang tren di Liverpool) yang beranggotakan Lennon dan teman-temannya di Quarry Bank Grammar School. Quarrymen dalam perjalanannya beberapa kali mengganti nama, dan personel-personelnya datang dan pergi. Band itu kemudian bernama 'The Beatles', nama yang konon ditemukan oleh Lennon. Band ini beranggotakan John LennonPaul McCartneyGeorge HarrisonStuart Sutcliffe dan Pete Best.  'I Wanna Hold Your Hand' adalah singel pertama yang diluncukan pada tahun 1964 berhasil menembus industri musik Amerika Serikat, sekaligus mengawali apa yang disebut sebagai 'British Invasion'. Sejak saat itulah musik The Beatles tersebar ke seluruh dunia dan digandrungi di mana-mana. The Beatles juga telah menjadi berkembang sehingga tidak dapat dimainkan secara langsung dengan teknologi pertunjukan live di masa itu. Album Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band yang rilis tahun 1967, hingga kini masih diakui banyak kalangan sebagai salah satu album terbaik sepanjang masa. 
     The Beatles bubar di tahun 1970, Salah satu pemicunya adalah Lennon bersitegang dengan McCartney. Lennon akhirnya memutuskan bersama istrinya Yoko Ono, merekam tiga album eksperimental, Unfinished Music No. 1 : Two VirginsUnfinished Music No. 2 : Life with the Lions, dan Wedding Album. Album solo pertamanya, di luar ketiga proyek tersebut adalah Live Peace di Toronto 1969, dengan Plastic Ono Band. Ia juga merekam tiga singel, anthem anti-perang "Give Peace a Chance", "Cold Turkey", dan "Instant Karma". Setelah bubarnya The Beatles di 1970, Lennon meluncurkan album John Lennon/Plastic Ono Band. Lagu "God" menuliskan orang-orang dan hal-hal yang tidak dipercayai Lennon - berakhir dengan "Beatles".
     Album Imagine menyusul di tahun 1971, dan lagu dengan judul yang sama menjadi anthem bagi gerakan anti-agama dan anti-perang. Videonya direkam serba putih (pakaian putih, piano putih,ruangan putih). 

Ia juga menulis "How Do You Sleep?" sebagai serangan pada McCartney, dan menampilkan George Harrison pada gitar. Namun kemudian Lennon mengklaim lagu tersebut adalah tentang dirinya sendiri. Sometime in New York City (1972) lantang dan secara eksplisit berbau politik, dengan lagu mengenai pemberontakan di penjara, diskriminasi rasial, peran Inggris terhadap Irlandia Utara, dan permasalahannya sendiri dalam memperoleh Green Card di Amerika Serikat. Lennon telah tertarik pada politik sayap kiri sejak akhir tahun 1960. Menjelang akhir hidupnya, Lennon menunjukkan ketidaksenangannya akan autobiografi George Harrison, I Me Mine. Tanggal 08 Desember 1980 menjadi hari akhir bagi sang "IMAGINE". Ia ditembak mati Mark David Chapman di depan apartemennya di New York.
     Namun ketiadaannya saat ini menjadi sebuah pembelajaran bagi kita semua atas perilakunya untuk menyebarkan perdamaian sesama manusia. Semoga masih ada penerusmu yang peduli dan terus akan memperjuangkan.

Tidak ada komentar: